Terkuak, Cincin Kuno Viking Ini Ternyata Bertuliskan ‘Untuk Allah’

kabarmuslimah.net – Sebuah cincin kuno berusia lebih dari 1000 tahun telah mengungkap kemungkinan bangsa Viking adalah muslim. Sebagaimana dilansir Science News, cincin itu ditemukan di dalam makam seorang wanita Viking dari abad ke-9, di Swedia. Menariknya, batu yang menjadi mata cincin ternyata bertuliskan ‘Untuk Allah’ dalam aksara arab kuno.

Cincin itu sebenarnya ditemukan pada akhir tahun 1800 an, saat dilakukan penggalian terhadap pusat perdagangan bangsa Viking di Birka, Swedia. Pada awalnya mata cincin itu dianggap berwarna ungu. Namun para ahli akhirnya dapat mengungkap materi batu kaca berwarna kemerahan yang menjadi bahan dasar mata cincin serta mendapati adanya tulisan ‘Untuk Allah’ dalam aksara Kufic.

Bangsa Viking era Skandinavia diketahui sering melakukan perdagangan kaca dengan Mesir dan Mesopotamia (Irak) sejak 3400 tahun yang lalu. Namun menurut peneliti dari Stockholm, bangsa Viking mungkin belum memeluk Islam, hanya melakukan transaksi perdagangan.

“Cincin itu menjadi bukti adanya interaksi langsung antara bangsa Viking di masa Skandinavia dengan dunia Islam,” sebut peneliti tersebut di Daily Mail (16/03).

Selain cincin, ditemukan pula koin mata uang Islam di dalam sebuah dompet kuno yang memperkuat bukti adanya hubungan Viking dengan Islam. Dengan sejarah pedagang-pedagang arab di masa lalu sekaligus merupakan pendakwah, maka sangat besar kemungkinan bangsa Viking sudah ada yang memeluk Islam.

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *