Kiat Menjaga Romantisme dengan Pasangan Hidup

Menjaga Romantisme dengan Pasangan HidupKabarMuslimah.net – seiring dengan berjalannya waktu, hubungan diantara suami istri terkadang tanpa disadari menjadi berkurang romantisnya. Hal ini bisa dikarenakan anggapan bahwa berinterkasi dengan pasangan hidup adalah hal yang biasa, atau bisa juga karena perhatian istri tersita kepada tumbuh kembang anak. Sehingga ibu sering merasa kelelahan dan saat suami pulang dari kantor sambutannya datar saja. Kehangatan diantara suami istri perlahan menghilang dan tanpa disadari hubungan diantara keduanya terasa hambar bahkan seakan diselimuti es. Cinta yang bersemi diawal pernikahan hilang entah kemana hingga kedua belah pihak dilanda kebosanan dan kejenuhan dalam menjalani rutinitas kehidupan berumah tangga.

Pernikahan layaknya kehidupan yang memiliki dinamika. Bagaimanakah agar suami dan istri bisa mempertahankan romantisme dalam nuansa kehidupan rumah tangganya? Inilah beberapa kiat untuk menjaga romantisme dengan pasangan hidup:

1. Jangan ragu untuk mengatakan: “Aku selalu mencintaimu”.

Laki-laki memang terkesan cuek, namun sebenarnya setiap orang senang mendengar ucapan tersebut dari pasangan hidupnya. Sekalipun hanya direspon dengan senyuman, sesungguhnya kalimat tersebut meresap ke dalam jiwanya, dan menumbuhkan keyakinan pada dirinya bahwa istri memang sungguh-sungguh mencintainya.

2. Ekspresikan cinta dengan bahasa tubuh

Senyuman, wajah yang ceria menyambut kehadirannya serta memberikan kecupan adalah beberapa contoh ekspresi cinta kita pada pasangan.

3. Membuat kejutan dengan memberikannya hadiah yang bersifat pribadi

Berikan kejutan-kejutan manis seperti: kado berupa sapu tangan, dasi atau dompet baru yang sesuai dengan pola atau warna kesukaan suami.

4. Menjaga penampilan dan mengenakan pakaian yang disenangi suami

Jadilah sebaik-baik perhiasan bagi suami. Jaga pola makan dan kebersihan tubuh. Dan kenakan pakaian yang disukai oleh suami supaya suami senang selalu berdekatan dengan istri. Hindari mengenakan baju daster kusam yang meninggalkan aroma bawang setelah aktivitas di dapur.

5. Buatlah kejutan lembut disaat yang tidak terduga

Banyak istri melupakan bahwa pelukan dan ciuman lembut yang tiba-tiba (bukan rutinitas ketika akan berangkat bekerja) dapat menimbulkan perasaan khusus dan kasih sayang suami.

6. Pahami dan kenali sifat serta karakter pasangan

Berusahalah mencari hal-hal yang membuatnya senang dan bahagia, sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang membuat suami menjadi kesal.

7. Memberikan pujian atas setiap kebaikan yang dilakukan pasangan hidup

Misalnya saat suami konsisten sholat shubuh berjamaah di mesjid, berikan pujian: “senangnya memiliki suami shaleh seperti mas”.

8. Mengucapkan terimakasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih atas nafkah yang diberikan (nafkah lahir ataupun batin), juga pada setiap bantuan yang dilakukan oleh suami.

Ingatlah Rasul kita yang mulia pernah bersabda: “Allah tidak akan memandang kepada perempuan yang tidak berterimakasih pada suaminya padahal ia butuh kepadanya” (HR Hakim).

Dinamika dalam kehidupan rumah tangga adalah sunnatullah dalam pernikahan. Karena itu terimalah dinamika tersebut sebagai bagian dari perjalanan rumah tangga yang akan membuatnya menjadi penuh warna. Rumah tangga yang bahagia dan harmonis itu bukanlah karena tidak ada permasalahan, tetapi karena yang dapat menjadikan setiap dinamika tersebut sebagai bunga-bunga yang memberi warna pada pernikahan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *