Menjaga Hubungan Dengan Orang Tua, Adalah Dengan Berbakti Kepadanya – Dunia Islami

Tak ada seorangpun didunia ini yang kasih sayangnya setulus Ibu dan Bapak kita sebagai orang tua. Betapa besar cinta yang mereka berikan kepada kita hingga kita tak dapat mengukur dan menghitungnya.

Sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT atas anugerah cinta Nya yang diberikan melalui kasih sayang dan cinta dari kedua orang tua kita, hendaknya kita kita sebagai hambanya dapat mewujudkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan berbakti kepada kedua orang tua kita. Dalam firman Allah SWT juga disebutkan:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
Yang artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(QS. Al-Isra ayat 23)
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah menyayangi aku di waktu kecil”. (QS. Al-Isra ayat 24)

Lalu bagaimana cara kita berbakti kepada Bapak dan Ibu kita yang sesuai dengan QS. Al-Isra ayat 23-24? Berikut cara-caranya:

  1. Hormat dan taat kepada kedua orang tua kita, selama perintah dari Ibu dan Bapak kita tidak bertentangan dengan ajaran agama dan undang-undang.
  2. Menjaga jangan sampai menyakiti hati kedua orang tua kita, baik dengan sikap, ucapan, dan perilaku.
  3. Membantu kedua orang tua kita, menurut kemampuan kita terutama merawat keduanya ketika usianya telah lanjut.
  4. Mendoakan kedua orang tua kita agar senantiasa memperoleh ampunan serta rahmat dari Allah SWT.
Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *