Betapa Beruntungnya Wanita Yang Dimuliakan Dengan & Karena Ketaatannya – Dunia Muslimah

Islam telah menyelamatkan kemuliaan diri perempuan. Saat zaman jahiliyah, kelahiran bayi berjenis kelamin perempuan merupakan sebuah aib dan harus ditutupi, bahkan dibuang dengan cara mengubur anak perempuan secara hidup-hidup.

Allah swt. berfirman :

“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dgn (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya & dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak , disebabkan buruknya berita yg disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dgn menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ketahuilah, alangkah buruknya apa yg mereka tetapkan itu. (Al Qur’an Surat: Al-Nahl: 58-59).

Sejak Islam membumi di dunia, perempuan memiliki hak yang sama dalam urusan pahala, siksa, dan lain-lain.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Barang siapa yg mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yg baik & sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yg lebih baik dari apa yg telah mereka kerjakan. (Al Qur’an Surat: Al-Nahl: 97)

Diriwayatkan oleh Muslim di dalam kitab shahihnya dari Umar r.a bahwa beliau berkata, “Demi Allah!, pada masa jahiliyah wanita tidak kami anggap apapun, sehingga Allah menurunkan bagi mereka tuntunan yg menjelaskan kemaslahatan bagi mereka & Allah memberikan bagian harta tertentu dalam perkara pewarisan”.

Diriwayatkan oleh Al-Turmudzi dari Ummu Imarah r.a. bahwa dia mendatangi Nabi Muhammad swt dan berkata, “Aku tidak melihat sesuatu tuntunan kecuali semuanya bagi lelaki, aku tidak melihat bagi wanita sesuatu tuntunan tertentu”, lalu Allah menurunkan ayat ini :

“Sesungguhnya laki-laki & perempuan yg muslim, laki-laki & perempuan yg mukmin, laki-laki & perempuan yg tetap dalam ketaatannya, laki-laki & perempuan yg benar, laki-laki & perempuan yg sabar, laki-laki & perempuan yg khusyuk, laki-laki & perempuan yg bersedekah, laki-laki & perempuan yg berpuasa, laki-laki & perempuan yg memelihara kehormatannya, laki-laki & perempuan yg banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan & pahala yg besar. (Al Qur’an Surat: Al-Ahzab: 35).

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam kitab musnadnya dari Aisyah RA bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Sesungguhnya wanita adalah saudara sekandung kaum pria”.

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *