Warga Aceh Siap Adopsi 374 Pengungsi Rohingya Anak Tanpa Orang Tua. -Berita Islami

kabarmuslimah.net – Setelah menyelamatkan perahu yang berisi ratusan pengungsi Rohingya dan menyediakan penampungan sementara, warga Aceh masih menunjukkan kebaikan hatinya dengan berniat mengadopsi anak-anak yang sudah tidak memiliki orang tua.

Hal ini seperti dituturkan Siti Nurbaya, seorang Ibu rumah tangga berusia 45 tahun asal Kuala Langsa, Aceh Timur kepada Atjehcyber.net (06/04), yang ingin mengadopsi seorang anak perempuan.

“Anak saya dua orang dan laki-laki semua. Saya ingin mengadopsi anak perempuan Rohingya, boleh apa tidak ya?” ungkap Siti menyampaikan keinginannya.

Badan PBB yang bertanggung jawab terhadap urusan pengungsi, UNHCR melansir ada 374 orang anak-anak tanpa orang tua di antara para pengungsi. Anak-anak tersebut kehilangan orang tuanya saat terjadi konflik horizontal yang menimpa muslim Rohingya di Myanmar. Sebagian lagi merupakan korban perdagangan anak (human trafficking).

Namun keinginan Siti dan warga Aceh lainnya sulit terealisasi. Pasalnya keberadaan anak-anak tersebut tidak dilengkapi dokumen yang dibutuhkan.

“Tidak semudah itu karena masalahnya sangat kompleks. Anak-anak tersebut tanpa dilengkapi dokumen, bagaimana mungkin untuk mengadopsi mereka. Tujuannya memang baik, tapi diperlukan proses yang rumit,” jawab Jeffrey Savege, pejabat UNHCR untuk perlindungan anak.

(Ahmad Yasin)

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *