Ingin Memberangkatkan Haji Orang Tua? Terapkan 3 Hal Ini Pada Rencana Anda. -Dunia Keluarga Islami

doaku

Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:215

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلْ مَا أَنفَقْتُم مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ
السَّبِيلِ وَمَا تَفْعَلُواْ مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.

Sahabat muslim muslimat, rohimatulullah.

Kali ini kita akan membahas sebuah topik, Memberangkatkan haji orang tua.

Naik Haji bagi yang mampu.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan:

Allah tidak memanggil atau mengundang siapa saja yang mampu, tetapi Allah akan memampukan siapa saja yang dipanggil atau diundang-Nya”

Faedah yang bisa kita ambil adalah, perlu kita ingat, bahwa ibadah haji itu bukan sekedar masalah ‘biaya’ atau karena kuota haji semata, melainkan masalah panggilan dan undangan dari Allah SWT. dan panggilan itu sedikit banyaknya dipengaruhi oleh keinginan kuat kita untuk mengunjungi “rumah” Allah tersebut. Berapa banyak contoh orang-orang yang secara materi ataupun secara fisik dianggap tidak mampu untuk beribadah haji, tetapi karena memang sudah ada “panggilan”, mereka mampu melaksanakannya.

Maka, sebagai seorang anak yang hendak memberangkatkan haji orang tuanya, namun, masih ada keterbatasan, apakah itu biaya (ataupun lainnya) Pertama-tama hilangkanlah kekhawatiran anda tentang ‘belum’ mampunya anda untuk meng’haji’kan orang tua karena itu akan menjadi salah satu tanda bahwa anda sedang berprasangka buruk kepada Allah. Hal yang demikian tidak dibenarkan dalam islam. Seperti yang sedang disampaikan, meskipun sekiranya anda mampu dan memiliki harta yang cukup untuk memberangkatkan seluruh keluarga anda, namun jika Allah tidak berkehendak, Allah belum mengundang, apakah anda tetap mampu berangkat haji?

Maka sebaiknya, tetapkan diri untuk selalu ikhlas dan husnudzon (berbaik sangka) dengan semua ketetapan dari-Nya. Niscaya Allah akan membukakan pintu-pintu jalan keluar setiap permasalahan tanpa kita ketahui darimanapun datangnya.

Yang kedua, bila kiranya niat anda sudah kuat (dalam artian ikhlas hanya karena Allah Ta’ala), maka konsultasikanlah pada saudara-saudari (bagi yang punya) tentang hal ini. Mungkin akan lebih mudah, jika ada bantuan dari saudara-saudari anda untuk mewujudkan rencana anda.

Yang ketiga, sampaikan pada orang tua anda, Ingatkan pula pada beliau, untuk senantiasa berprasangka baik pada rencana anda, dan pada kehendak Allah. Mintalah doa pada orang tua, Sesungguhnya do’a orang tua untuk anaknya bila itu demi kebaikan, niscaya dijabah Allah SWT. Amin Allahumma Amin.

Demikian Semoga Bermanfaat.

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *