Sesali Perlakuan Diskriminasi Terhadap Muslimah, United Airlines Minta Maaf

kabarmuslimah.netMaskapai Amerika Serikat, United Airlines meminta maaf kepada seorang penumpang muslimah berhijab akibat tindakan diskriminatif dan islamphobia yang dilakukan salah seorang pramugarinya saat berada dalam penerbangan. Pihak United Airlines bahkan memberhentikan pramugari tersebut, karena dianggap tidak memberikan pelayanan sesuai standar mutu penerbangan yang sudah ditetapkan.

Seperti diberitakan 5pillarsuk.com (04/06), United Airlines menyatakan insiden itu adalah tindakan yang tidak benar dan diluar standar operasi penerbangan mereka. Dalam pernyataannya, maskapai yang berpusat di Chicago, Amerika Serikat itu mengatakan “Miss Ahmad adalah pelanggan kami dan kami minta maaf atas apa yang terjadi saat penerbangan”.

“Setelah melakukan penyelidikan, United memutuskan untuk memberhentikan pramugari itu dan dia tidak akan bekerja melayani customer kami lagi. United tidak dapat mentolerir tindakan yang menjurus kepada diskriminasi terhadap penumpang atau sesama karyawan”.

Kejadian ini menjadi viral setelah Tahera Ahmed, seorang muslimah yang mengajarkan agama di Universitas Northwestern, Chicago menulis status di Facebook tentang peristiwa Islamphobia yang dialaminya saat menumpang pesawat United Airlines.

“Aku meminta minuman soda dalam kemasan kaleng kepada pramugari dan dia memberiku kaleng yang sudah terbuka. Aku meminta yang masih tertutup agar lebih higienis, namun dia menolak dengan berbagai alasan. Tetapi dia justru memberikan yang baru (kaleng tertutup) kepada penumpang yang duduk disebelahku,” tulis Ahmed.

“Kami tidak berhak memberikan minuman kaleng yang masih tertutup, karena bisa digunakan sebagai senjata di dalam pesawat,” ujar Tahera menirukan jawaban pramugari.

“Sikap pramugari itu membuatku bertanya kepada penumpang lain apakah ini dibenarkan dan seorang lelaki berteriak dengan sikap yang sangat diskriminatif ‘kalian muslim, F** up,” tuturnya.

United Airlines, Inc., adalah maskapai penerbangan Amerika Serikat yang berpusat di Chicago, Illinois. United adalah maskapai terbesar di dunia dilihat dari jumlah rute penerbangan.

(Ahmad Yasin)

Artikel ini bermanfaat? berbagilah dengan sahabat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *